Recent Posts

Archives

Topics


« | Main | »

Teknik Penulisan Ilmiah

By khairu.sobandi | April 26, 2011

KONTRAK PEMBELAJARAN

Mata Kuliah                        : Teknik Penulisan Ilmiah

Kode Mata Kuliah            : SPP 9113

Bobot SKS                        : 3 (tiga)

Fakultas/ProdI            : ISIP/ Ilmu Politik

Semester                        : I (satu)/ Ganjil

Tahun Ajaran            : 2010/2011

Pengampu                        :

  1. Drs. Solahuddin Kusumanegara, M.Si.
  2. Triana Ahdiati, M.Si.
  3. Khairu Roojiqien S., M.Si.
  4. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah memberi pemahaman teoritis dan praktis tentang penulisan karya ilmiah.  Hal ini dimaksudkan agar setelah menyelesaikan kuliahnya, mahasiswa sudah dapat menulis karya ilmiah dengan baik.  Agar pemahaman teoritis dan praktis dapat dicapai, maka secara garis besar substansi perkuliahan yang disajikan meliputi prinsip-prinsip dasar penulisan ilmiah, struktur dan format, bahasa, teknik sitasi, serta praktek penulisan ilmiah.

  1. Manfaat Pembelajaran

Kuliah Teknik Penulisan Ilmiah memperkaya referensi mahasiswa tentang penulisan karya ilmiah yang baik dengan mengetahui dasar-dasar, sistematika dan acuan yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah.  Untuk memberi pemahaman dan referensi yang lebih utuh, maka aspek yang dianggap paling relevan dalam hal ini adalah dengan melakukan praktik penulisan secara langsung dan berkesinambungan melalui pengerjaan tugas-tugas yang diberikan.  Dengan demikian, upaya untuk dapat membuat karya tulis ilmiah dapat diwujudkan dengan sebaik-baiknya.

  1. Kompetensi Mata Kuliah

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa dapat mengevaluasi karya tulis ilmiah dengan baik sehingga dapat mempraktekkannya secara benar dan berkelanjutan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas dari mata kuliah lainnya yang diberikan selama mengikuti proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Politik FISIP Unsoed.

  1. Strategi Pembelajaran

Untuk mencapai tujuan pembelajaran mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah, strategi pembelajaran yang digunakan meliputi:

  1. Kuliah tatap muka dengan metode ceramah, diskusi kelas dan tanya jawab
  2. Pemberian tugas terstruktur dalam bentuk tugas-tugas individual mingguan
  3. Pemberian take-home test yang harus dikumpulkan pada saat ujian berlangsung

 

  1. Materi Perkuliahan
MINGGU POKOK BAHASAN PENGAMPU SUBPOKOK BAHASAN KETERANGAN
I PENGANTAR TIM
  • Penjelasan Silabus
  • Kontrak Pembelajaran
  • Pembagian Kelompok
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
II DASAR-DASAR PENULISAN ILMIAH SK
  • Prinsip-prinsip dasar
  • Tujuan Penulisan Ilmiah
  • Manfaat Penulisan Ilmiah
  • Jenis Penulisan Ilmiah
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
III SISTEMATIKA PENULISAN ILMIAH TA
  • Struktur Penulisan Ilmiah
  • Format Penulisan Ilmiah
  • Bahasa dalam Penulisan Ilmiah
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
IV ACUAN PENULISAN ILMIAH KRS
  • Sitasi
  • Referensi
  • Daftar Pustaka
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
V PEMBUATAN KERANGKA PENULISAN ILMIAH BAGIAN I TA
  • Pemilihan Tema
  • Pernyataan Maksud Penulisan
  • Pembuatan Topik
Penugasan Pembuatan Kerangka Penulisan Ilmiah
VI PEMBUATAN KERANGKA PENULISAN ILMIAH BAGIAN II TA
  • Pengumpulan Tugas
  • Penugasan Rancangan Penulisan Pendahuluan
UJIAN SISIPAN (sesuai dengan jadwal dari BAPENDIK FISIP)
VII PENDAHULUAN TA
  • Latar Belakang
  • Tujuan
  • Konsepsi dan Teori
  • Pengumpulan Tugas Rancangan Pendahuluan
  • Penugasan Rancangan Penulisan Pembahasan
VIII PEMBAHASAN BAGIAN I SK
  • Pemetaan Penulisan
  • Pembagian Subjudul Penulisan
  • Kontekstualisasi Teori dan Konsep
  • Pengumpulan Tugas Rancangan Pembahasan
  • Penugasan Revisi Rancangan Penulisan Pembahasan
IX PEMBAHASAN BAGIAN II SK
  • Pengumpulan Tugas Revisi Rancangan Pembahasan
  • Penugasan Rancangan Penulisan Penutup & Daftar Pustaka
X PENUTUP KRS
  • Kesimpulan
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran
  • Pengumpulan Tugas Rancangan Penutup & Daftar Pustaka
  • Penugasan Rancangan Penulisan Abstrak
XI ABSTRAK KRS
  • Ringkasan
  • Summary
  • Pengumpulan Tugas Rancangan Abstrak
XII PENUTUP TIM
  • Penyempurnaan Penulisan
  • Review
  • Penugasan Rancangan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Lengkap
UJIAN AKHIR (sesuai dengan jadwal dari BAPENDIK FISIP)

 

  1. F. Tugas Terstruktur

Untuk melengkapi evaluasi pembelajaran, selain mengikuti ujian (sisipan dan utama), maka mahasiswa diberi tugas-tugas terstruktur yang harus dikerjakan secara individu, yaitu mengerjakan tugas-tugas mingguan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dosen pengampu (lihat tabel materi perkuliahan).

 

  1. G. Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran untuk mata kuliah ini diberlakukan kepada mahasiswa yang selalu mengikuti perkuliahan berdasarkan Sistem PAP (Patokan Acuan Pasti). PAP merupakan patokan nilai yang didasarkan pada kondisi nyata nilai yang diperoleh.

 

  1. Kisaran Penilaian
  1. Kriteria Penilaian

Kriteria penilaian didasarkan pada hasil tulisan mahasiswa, baik dari hasil pengerjaan tugas maupun ujian.  Tulisan dianggap bagus dan layak mendapat nilai maksimal jika memenuhi hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengikuti standar penulisan ilmiah (dalam hal ini, standar penulisan untuk penerbitan jurnal ilmiah), dengan perincian sebagai berikut:

 

  1. Mengikuti ketentuan format yang diberlakukan dalam kuliah ini, yaitu:
  1. Mengumpulkan hasil pekerjaan, baik tugas maupun ujian, pada waktunya sesuai dengan yang ditentukan dalam proses perkuliahan.
  1. H. Komponen Penilaian

1.  Nilai Tugas      : 40%

2.  Nilai Ujian Sisipan   : 30%

3.  Nilai Ujian Akhir   : 30%

 

 

 

  1. I. Daftar Pustaka

 

Anonim, 1997.  American Sociological Association Style Guide.  2nd ed.  Washington, DC: American Sociological Association

Anonim, 2009.  “Chicago-Style Citation Quick Guide”.  http://www.chicagomanualofstyle.org/tools_citationguide.html.  Diakses pada 19 Februari 2009.

Anonim, 2010.  Publication Manual of the American Psychological Association. – 6th ed.  Washington, DC: American Psychological Association

Babbie, Earl, 1983, The Practice of Social Research. Tthird Edition. Wadsworth Publishing Company, Belmont-California

Silverman, Jay, Elaine Hughes & Diana Roberts Weinbroer, 1947.  Rules of Thumb: A Guide for Writers.  Fifth Edition.  Boston: McGraw Hill

Wardani, I.G.A.K., Dkk;  2007.  Teknik Menulis Karya Ilmiah. Cetakan Ketiga. Jakarta: UT Departemen Pendidikan Nasional.

 

Topics: My Home | Comments Off on Teknik Penulisan Ilmiah